Wednesday, February 20, 2008

Kamus Besar Bahasa Indonesia Online Yang Mudah dan Murah

Beberapa waktu yang lalu, saya memertanyakan sekaligus menginginkan adanya Kamus Besar Bahasa Indonesia yang mudah dan murah untuk diakses. Bukan kebetulan rupanya tidak berapa lama Pusat Bahasa Departemen Pendidikan nasional akhirnya meluncurkan KBBI online yang diberi nama KBBI daring.

Daring? apa itu? Hmm.. Saya juga belum tahu juga apakah makna dari kata "daring" tersebut. Sewaktu saya mencoba kata "daring" pada kamus online yang bersangkutan, ternyata tidak ditemukan entri yang dimaksud. Saya menduga bahwa "daring" adalah singkatan atau akronim dari sebuah istilah, tetapi hingga saat ini belum ada penjelasan resmi dari yang penerbitnya.

Mengenai tampilan situs sendiri, saya menyimpulkan bahwa situs ini mudah dan cepat untuk diakses. Jikalau boleh dikatakan minim grafis, hal ini sangat menolong saya yang masih menggunakan koneksi GPRS sehingga mampu mengunduh halaman lebih cepat.

Meninjau sisi kekurangan, situs ini tidak memiliki indeks yang dapat kita lihat secara langsung daftar kata-kata dalam bahasa Indonesia. Pengguna harus memasukkan kata kunci pada submit form yang ada pada bagian atas situs. Hal yang lain adalah fungsi sinonim dan akronim dari sebuah kata. Jikalau boleh berusul, sistem tampilan seperti "Encarta Dictionary Tools" rupanya boleh menjadi rujukan.

Mungkin saja ini baru versi beta yang tentu akan masih banyak penambahan dan perbaikan menuju kesempurnaan. Seperti Trans Jogja yang baru saja beroperasi pada masa uji coba.

0 komentar:

Design by Dzelque Blogger Templates 2007-2008