Wednesday, March 26, 2008

Pengobrol Menyedot! (Twitter Sucks!)

Judul di atas adalah terjemahan bebas dari bahasa slang Amerika yang memang saya buat dengan semena-mena. Anda mungkin akan berkomentar bahwa saya adalah perusak bahasa, padahal pada posting ini dan posting itu saya sibuk mengoceh pentingnya berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Anda pun mengumpat bahwa saya adalah sedang menjilat ludah saya sendiri!

Tenang, Bung! Saya hanya ingin berironi bahwa inilah penggunaan bahasa Indonesia yang tidak baik dan benar.

Selanjutnya saya hanya ingin bercurhat tentang pengalaman aplikasi web yang begitu banyak diperbincangkan oleh dunia web: Twitter. Mereka mengklaim dirinya sebagai fenomena baru untuk para blogger dan websurfer untuk saling berinteraksi secara online. Seperti juga yang mereka koarkan pada halaman depan bahwa ide dasar penciptaan Twitter ini bermula dari pertanyaan sederhana:
"What are you doing?"
Terjemahan bebas:
"Kamu sedang apa?"
"Kamu lagi ngapain?"
"Kamu ngapain, sih?"
Ide ini kemudian dikembangkan dengan terapan bahwa setiap orang dapat berinteraksi kapan saja di mana saja dengan orang lain asalkan ia memiliki koneksi internet dan seperangkat komputer atau sejinjing notebook.

Namun ide sederhana ini ternyata tidak terlalu sederhana bagi saya pada aplikasinya. Setidaknya pada akses yang diperlukan untuk menjangkau layanan Twitter tersebut. Tahu saja bahwa kebanyakan orang Indonesia masih banyak yang menggunakan koneksi dial-up GPRS yang lambannya minta ampun. Sebagai catatan saya menggunakan koneksi XL Mega Data dari Xplor.

Ketika malam ini saya mencoba membuka alamat Twitter.Com, diperlukan waktu sekitar 5 menit untuk menampilkan halaman depannya. Kemudian waktu sekitar 10 menit lebih lama diperlukan untuk menampilkan halaman sign-up untuk pengguna baru. Lebih menjengkelkan bahwa setiap pendaftaran harus memasukkan kode captcha yang membuat kening saya berkerut untuk membacanya. Lebih mirip dengan tulisan cakar ayam daripada sebuah kode eksklusif. [Huh, siapa sih pembuat captcha?] Saya pun memasukkan kode yang salah sebab kodenya sendiri yang sama sekali tidak jelas.

Tekan Refresh harus menunggu lagi 10 menit lagi hingga kode captcha baru ditampilkan. Pada percobaan kedua kali ini, kode captcha yang saya masukkan berhasil. Selanjutnya adalah menuju halaman home bagi user untuk menambahkan daftar contacts mereka ke dalam Twitter. Kali ini butuh 15 menit hingga akhirnya koneksi GPRS saya terputus.

Huh... Pengobrol memang Menyedot!
Huh... Twitter is Really Sucks!

0 komentar:

Design by Dzelque Blogger Templates 2007-2008