Sunday, March 23, 2008

Selamat Tinggal ExtremeTracking

Soal statistik website/blog buat para pencinta SEO mungkin sebuah hal yang tak terpisahkan serupa sayur yang mungkin berpisah dengan garam. Saya memang bukan pencinta SEO yang amat sangat, namun mengetahui dan melihat berapa banyak orang yang berkunjung ke blog saya hari ini, melihat halaman yang mana saja, datang dari search engine apa, dengan kata kunci apa, dan segala tetek bengek lainnya cukup memompa semangat saya untuk kembali menulis dan menambah isi blog.

Salah satu layanan statistik web yang saya kenal cukup familiar adalah ExtremeTracking.Com yang memang terkenal dengan kemudahan kesederhanaan, sekaligus kelengkapannya untuk menampilkan statistik sebuah situs. Untuk mendaftar seseorang tinggal menuju ke situsnya, mengisi username yang diinginkan, alamat situs yang ingin dicatat statistik nya, kemudian mengambil kode script yang disediakan dan memasangnya pada halaman situsnya. Dalam waktu singkat, ia dan juga orang lain dapat memantau perkembangan pengunjung yang datang ke situsnya.

Namun, hari ini saya mengetahui bahwa layanan ExtremeTracking telah menutup aksesnya bagi penduduk Indonesia yang akan mendaftarkan situsnya. Ketika saya ingin mendaftarkan salah satu blog saya yang lain pada halaman register, dengan gamblang admin mereka menayangkan bahwa "unfortunately, we closed down our sales in Indonesia". Ada apa gerangan dengan ExtremeTracking? Apakah ada beberapa/banyak pihak yang telah merugikan ExtremeTracking sehingga mereka tega untuk memutuskan layanannya dengan penduduk negeri ini?

Kenapa Indonesia harus di-blacklist lagi dari layanan gratis seperti ini?
Kenapa?
Kenapa?

0 komentar:

Design by Dzelque Blogger Templates 2007-2008