Saturday, January 12, 2008

Resolusi Blogging dan Prediksi Bisnis 2008 [Weleh..]

Mungkin dah rada telat ngomongin resolusi diri untuk tahun 2008 ini. Tergolong sudah basi, sebab tema tersebut dah pada ramai-ramai di-post tepat setelah terompet tahun baru 2008 ditiup. Tapi, yang penting sekarang bukan yang teriak PERTAMAX soal resolusi tahun ini, tapi bagaimana kita akan menjalani duabelas bulan ke depan atas komitmen yang telah kita buat soal hidup mati kita di dunia internet umumnya dan pergunjingan per-blogging-an khususnya.

Mencermati peluang 2008 memang merupakan sebuah tantangan tersendiri. Secara khusus bisa dilihat dari penurunan performa salah satu program online earning yang paling populer: Google Adsense. Semenjak beberapa waktu terakhir pada tahun 2007, publisher Adsense tampaknya mengalami penurunan fasilitas pelayanan seperti pengurangan area klik iklan yang baru untuk mengurangi resiko accidental click, hingga kado tahun baru Adsense pada tahun ini yang menghapuskan sistem komisi referral untuk publisher di luar Amerika Utara, Amerika Latin, dan Jepang.

Pada lain sisi Adsense juga meningkatkan fasilitas layanan pembayaran yang memungkinkan publisher menerima pembayaran melalui Western Union yang lebih cepat ketimbang lewat cek.

Berbarengan dengan menurunnya performa Adsense, maka program-program online earning yang lain mulai menggeliat dan menunjukkan mata taring persaingan mereka atas program sejenis. Widgetbucks menawarkan program pay-per-click yang senada dengan Adsense, namun dari segi tampilan memiliki sisi interaktivitas yang dapat diandalkan.

Ada beberapa program yang lebih mudah lagi penerapannya seperti program pay-to-read/pay-to-click PTR/PTC. User hanya perlu membuat account program PTC/PTR seperti clixsense, advercash, dailycash, buxto, dll. Selanjutnya user setiap hari akan disajikan beberapa iklan yang mereka harus klik dan membiarkannya terbuka selama beberapa detik. Ketika selesai, iklan boleh ditutup dan otomatis sistem akan mencatatkan tambahan penghasilan ke dalam account user. Cukup mudah memang, tetapi hasil yang didapat cukup kecil jika tidak dibarengi dengan trik-trik untuk menggaet referral. Namun, nampaknya peluang user untuk meraup penghasilan dari program ini masih terbuka lebar, sampai-sampai Cosa pada hari ini telah meluncurkan salah satu situsnya tentang PTC/PTR. Katanya beliau hendak melepaskan ketergantungan diri atas Google Adsense dalam tahun ini.

Terkait juga dengan ulasan Cosa mengenai prospek perbisnisan online tahun ini yang disajikan dalam bentuk interview dengan beberapa tokoh persilatan dunia internet marketing dan blogging, beberapa hal yang bisa dijadikan quote dalam perkembangan bisnis online tahun 2008 adalah orientasi pasar yang cenderung lebih spesifik dan niche. Budi Putra memberikan kata kunci "blogging, social networking, serta web 2.0 yang berbasis user-generated-content".

Secara pribadi, aku menilai bahwa 2008 adalah saat yang tepat untuk memulai online business. Bukan karena pandangan Mama Lauren atau Ki Joko Bodo, tapi karena saat yang tepat untuk memulai adalah SEKARANG.

Maka segera siapkan ide, susun content, dan maju berperang dalam bisnis online. Sekarang.

PS: Hampir ketinggalan... resolusi tahun 2008 ini adalah: quit my daily job before the end of december. Pfiuhh...

3 komentar:

cosa said...

let's do it NOW! :)

Anonymous said...

Sukses dah buat tahun 2008!

Anonymous said...

Cayoo....2008...

Design by Dzelque Blogger Templates 2007-2008