Wednesday, January 30, 2008

Fitur Google Mail: Yang Ini Mungkin Anda Belum Tahu

Sudahkah anda menggunakan layanan e-mail dari Google? Jika belum, maka segeralah beralih [duh, bahasa promosi] karena berdasarkan pengalaman saya, Google Mail memberikan fasilitas pengamanan terhadap spam yang lebih optimal daripada layanan e-mail gratis serupa. Juga, adanya fitur praktis yang memudahkan pengguna untuk memaksimalkan satu akun Google Mail untuk berbagai keperluan.

1. Perlindungan Maksimal Terhadap Spam
Caranya? Pada saat anda berada pada inbox, jika anda menemukan e-mail dari sebuah alamat yang isinya anda anggap spam, maka anda tinggal menekan ikon Spam yang berada pada bagian header Google Mail. Selanjutnya, Google Mail akan memindahkan e-mail tersebut ke dalam folder spam, dan seterusnya setiap e-mail yang dikirimkan dari alamat yang sama akan langung dimasukkan ke dalam folder spam.

Terlebih ada cara yang praktis untuk menangkal serangan surat sampah dari spammers. Mungkin anda terbiasa untuk mendaftarkan diri [sign up] pada sebuah website. Pada proses pendaftaran biasanya anda akan diminta untuk mengisikan nama dan alamat e-mail anda pada kolom yang tersedia. Namun saya sarankan anda untuk berhati-hati jikalau website tersebut mungkin berpotensi untuk melakukan spamming terhadap inbox anda. Walapun website tersebut melampirkan kata-kata “your e-mail address is safe. we hate spammers too”, terus terang saya tak akan langsung percaya.

Pada saat yang demikian anda dapat mendaftarkan diri anda sekaligus mendaftarkan web tersebut kepada Google Mail. Sebagai contoh, jika anda mendaftarkan diri pada website.com, maka anda tinggal mengetikkan presidensby+website@gmail.com. Google Mail akan mengidentifikasikan e-mail yang berasal dari alamat tersebut sebagai spam.

2. Satu Akun Untuk Segala Keperluan
Fitur unik yang dimiliki oleh layanan e-mail Google adalah user ID yang dapat dimodifikasi dengan menggunakan karakter titik. Sebagai contoh jika anda memiliki alamat e-mail presidensby@gmail.com, maka teman anda yang mengirimkan e-mail yang ditujukan kepada alamat-alamat berikut:

*presiden.sby@gmail.com
*presidens.by@gmail.com
*presidensb.y@gmail.com, dst

akan tetap diteruskan kepada alamat presidensby@gmail.com
Anda juga dapat menambahkan banyak tanda titik pada ID e-mail seperti p.r.e.s.i.d.e.n.s.b.y@gmail.com dan [lagi-lagi] e-mail tersebut tetap akan diteruskan ke alamat presidensby@gmail.com

Penempatan karakter titik ini dapat digunakan untuk memilah surat-surat yang masuk ke dalam filter-filter yang telah anda buat. Caranya, masuklah ke dalam menu filter di Google Mail, lalu isikan pengaturan pada kolom “to” dengan alamat e-mail yang anda modifikasi. Klik “Next Step” maka anda akan diberikan beberapa pilihan yang akan diterapkan pada surat-surat yang memenuhi kriteria yang telah ditentukan pada langkah sebelumnya.

setting-filter-google-mail
setting-filter-google-mail


Sebagai contoh, anda memasukkan presiden.sby@gmail.com pada kolom “to” dan pada langkah selanjutnya anda memilih “Apply the label”, lalu pada drop-down list “choose label” anda pilih “teman” maka setiap e-mail yang ditujukan kepada alamat presiden.sby@gmail.com akan otomatis diberikan label “teman”. Hal ini seterusnya dapat diaplikasikan kepada label lain yang anda punya seperti “keluarga”, “bisnis”, dsb dengan hanya memindahkan posisi karakter titik pada username ID Google Mail anda.

Artikel ini ditulis berdasarkan artikel serupa dalam bahasa Inggris.



1 komentar:

Muhamad Yusup said...

Tolong dong kasih tau saya caranya supaya artikle bisa di ringkas dan ada tulisan next atau apa untuk lebih panjangnya.
email ke saya ya cupi_flight29@yahoo.com

nih blog saya cupitebet.blogspot.com

Design by Dzelque Blogger Templates 2007-2008