Sunday, December 9, 2007

Google AdSense: Jalan Pintas Menjadi Kaya

Bukan Jogja namanya kalo nggak ada pameran komputer setiap 2 bulan sekali. Sebulan sekali malah. Bulan ini di Jogja Expo Center, besok di Mandala Bhakti Wanitatama, bulan lusa bisa berpindah di Grha Sabha Pramana. Tergantung organizer sajalah yang pandai-pandai mengatur waktu sehingga tidak bertabrakan dengan pameran sejenis di tempat lain. Fenomena ini membuat kesan pameran komputer yang “wah”, menjadi ajang pindah tempat jualan buat toko-toko komputer yang menjamur di seantero Jogja.

Bulan desember 2007 ini, APKOMINDO bikin pameran lagi di JEC dengan embel-embel cuci gudang akhir tahun. Sebenarnya agak males liat pameran komputer yang isinya pasti itu-itu juga. Lagipula kantong cekak bakalan cuma bisa ngiler ngeliat barang-barang IT yang kian lama kian bagus. Seperti masturbasi tanpa ejakulasi. Gondok.

Namun, berhubung auLia berencana untuk mengambil salah satu produk notebook, maka tak ada salahnya kali ini aku berkunjung ke pameran tersebut. Lagipula, kali ini pamerannya digandeng dengan pameran Pesona Pangan Nusantara 2007. Sekalian liat pameran makanan.

google adsense adalah jalan pintas menuju kaya


Berpusing-pusing di dalam area pameran, pandangan tertumbuk pada sebuah banner berbunyi Inilah Jalan Pintas Menjadi Kaya: Berburu Dollar Dengan Google Adsense.
Weleh... Buku apa ini? Google Adsense bisa bikin kaya? Memang. Jalan pintas? No way!
Saya lihat penulisnya, Bambang Lakso Yuwono. Siapa dia?
Klo mungkin di sana tertulis Cosa Aranda, Isnaini, Pogung, atau Roy Suryo mungkin saya bisa sedikit percaya.

Sejenak saya teringat pada perkenalan pertama saya dengan Google Adsense setahun yang lalu. Seorang kawan datang bertanya kepada saya tentang bagaimana cara mengelola sebuah seminar, terutama pada bagian anggaran. Pada waktu itu saya memang sedang berkarya di sebuah perusahaan event organizer, Kirana Kreativisia.

Dia bercerita bahwa seminar yang akan diadakannya berkaitan dengan cara menghasilkan uang dari internet. Maka berkenalanlah saya dengan Google AdSense dengan perantara kawan saya tersebut. Dia memberitahukan bagaimana memanfaatkan akun blogger yang gratis sebagai tempat untuk menaruh unit-unit iklan AdSense. Contentnya? Sebagai pemula, tentu masih copy paste [ngeles.. hee!!]

Hingga beberapa waktu saya masih melakukan teknik yang sama dengan beberapa akun blogger dengan tema yang berbeda. Hasilnya... masih $0.00. Kecewa? Ya. Sudah bersusah-susah copy paste buat generate content, kok masih nol besar?! Usut punya usut, ternyata pengunjung situs masih nol. Whuee.. Gimana mau ada yang nge-klik iklan klo pengunjung situs aja nggak ada? Lalu, bagaimana agar situs blog saya dikenal oleh pengunjung?

Lalu saya berkenalan lagi dengan makhluk bernama SEO. Ternyata apa yang telah saya lakukan sebelumnya kurang sejalan dengan prinsip search engine indexing. Search engine lebih menyukai content yang unik, dan bukan duplicate content alias copy paste. Memang banyak algoritma lain yang digunakan oleh search engine untuk menampilkan situs pada search engine result page mereka. Namun, paling tidak unique content adalah salah satu unsur yang menentukan popularitas situs di mata search engine.
Ternyata saya tidak cukup unik.

Satu tahun berlalu hingga saat ini, earning baru saja menanjak pada angka $0.61. Enampuluh satu sen masih lebih baik dari nol. Saya memang selama beberapa bulan terhenti meng-update content dan mengabaikan situs blog saya karena kesibukan pekerjaan di event organizer.

Enampuluh satu sen adalah sebuah awal dari satu juta dollar. Isnaini dan Pogung pasti pernah merasakan bahagianya mendapat earning dalam jumlah itu. Maka saya yakin bahwa Google AdSense khususnya dan Internet Marketing umumnya, adalah sebuah profesi masa depan yang menjanjikan. Pada awalnya saya menganggap bahwa pekerjaan ini dapat dikerjakan dengan waktu sampingan. Namun kenyataannya, saya tidak pernah mendapatkan waktu sampingan yang cukup selama bekerja di event organizer. Setiap jam dan hari adalah kerja. Tanggal merah dapat saja berubah menjadi hitam, namun sebaliknya tanggal hitam takkan mungkin jadi merah.

Pada akhir Mei 2007, saya memutuskan keluar dari perusahaan.

Saya berpindah ke sebuah percetakan undangan, Kamajaya Kreasindo. Di sini saya mendapatkan waktu kerja dari jam 8 pagi hingga 4 sore. Waktu selebihnya kupikir cukup luang untuk menambahkan fokus pekerjaanku pada Google AdSense.

Google AdSense, Comission Junction, Widgetbucks, dan Amazon affiliates adalah sumber-sumber penghasilan yang membutuhkan keahlian dan ketekunan yang tidak dapat diraih hanya dengan tepukan tangan, kedipan mata, ataupun teriakan kata-kata “Saya akan sukses!!”. Internet marketing adalah salah satu profesi yang berkembang di awal abad ini. Selayaknya sebuah profesi maka adanya sebuah profesionalitas adalah sebuah kemutlakan yang tak dapat dilanggar sekalipun dengan jalan pintas. Bergabung dengan program arisan klik dan sebagainya memang akan menggembungkan pundi-pundi earning dalam waktu singkat. Namun usia kita dalam dunia Internet marketing dan online earning juga akan kandas dalam waktu singkat.

Apakah anda juga berpikir bahwa Google AdSense adalah jalan pintas menjadi kaya?

12 komentar:

abu abdirrahman said...

Bambang Lakso Yuwono??? di google gak ada bro!!!!!!!!!!!!

cosa said...

aku dah baca bukunya. Isinya sama aja dng buku2 ttg adsense yg udah beredar sebelumnya. Intinya, hanya memanfaatkan fenomena adsense untuk meraih keuntungan pribadi...

Anonymous said...

Yah, namanya juga memanfaatkan peluang. Tp kupikir ga ada salahnya tuh. Toh masih banyak orang Indo yang belum melek internet. Kali aja setelah baca bukunya mereka jadi tertarik. Ya ga?

Daniy said...

Judul bukunya memang bombastis. Tapi seperti yang saya duga sebelumnya, di dalam buku hanya mengulas cara daptar ke blogger, trus promosi masukin ke directory dmoz.org.

Mungkin lebih cocok buku ini diberi judul "Manual Penggunaan Blogger Bagi Pemula".

Namun secara sederhana, buku ini masih sangat realistis ketimbang tips-tips yang dikasih Bapak FN. Heee .. Kocak abis :D

bambangly said...

Apa kabar semuanya? ikutan nimbrung dan juga ingin mengajukan pembelaan diri terhadap koment yg ada.hihihihi...sehubungan dengan buku yang saya tulis, saya ingin mengatakan bahwa saya tidak sedang mencari keuntungan pribadi mengingat seperti yg bung cosa katakan bahwa dapat dari adsense mgkn jauh lebih besar. Sedang fenomena yg muncul bahwa buku saya adalah cara cepat untuk jadi kaya - hanyalah sekedar bahasa iklan/ promosi yg dibuat oleh penerbit (hal ini pernah ditanyakan oleh mas ilham saibi dan sudah saya balas melalui email di friendster). Jadi sekaligus untuk menjawab juga bung cosa yg sudah lebih expert dari saya, mengingat dulu waktu dulu saya masih beginer beliau sudah bintang 3 (kalau tidak salah - mei 2006). Dan saya membuat buku tersebut dan selesai september 2006, dimana saya melihat masih jarang buku tentang adsense ada yg murah!!! Yg ada Rp.100.000 keatas! Jadi saya membuat supaya orang indonesia pada khususnya mengetahui ada program semacam ini, dan saya pun merasakan manfaatnya. Dan yang terpenting adalah saya tidak pernah mengajarkan kecurangan, yg bisa menyebabkan adsense untuk indonesia ditutup!! Buku ini memang saya tujukan untuk pemula. Toh yg mengemail ke saya (para pembaca) banyak juga yg baru belajar internet. Saya pun bukan dari background informatika, melainkan agama. Akan tetapi saya mau belajar sehingga saya juga sebagai teknisi HP dan juga berkutat lebih ke jaringan dari pada design web. Sebenarnya saya ingin membuat lebih dalam seperti mencari topik yg high paying keyword. Trus memasukkan ke search engine dengan meta tag. Atau filtering web yg tidak kompeten atau membayar kecil. Dan terus terang saya juga belajar banyak dari adsense-d dan juga adsense google community dan referensi yg lain.
Kiranya pembelaan saya ini dapat dimaklumi-jika ada kritik buku saya (kesalahan), saya persilahkan. Sekali lagi saya bukan orang yg pingin beken atau keren, karena toh saya sudah keren....wakakakaka...
Untuk mas Cosa, saya salut dengan Anda karena perhatian Anda sangat besar kepada adsense, sampai-sampai harus mengikuti pelatihan yg menyesatkan.hahahaha...semoga buku saya tidak menyesatkan, karena didalam isi buku saya tidak mengajarkan sesuatu didapat dengan instant, tetapi dengan proses. Untuk daniy, thanks udah menyediakan blog untuk berdiskusi.
Saya hanya berkata, setiap perbuatan pasti akan mendatangkan pro dan kontra, akan tetapi hal itu jangan dijadikan sebuah permusuhan, melainkan persahabatan.

YM : blame_your_eyes@yahoo.com

Bambang Lakso Yuwono

Daniy said...

Wah, mas Bambang akhirnya sampai juga ke blog ini. Terimakasih sudah menyempatkan diri untuk berkunjung, sekaligus menyumbangkan komentar plus membela diri. :-)

Menyoal fenomena Adsense memang selalu bersinggungan dengan kontroversi, mulai dari anne ahira, arisan klik, hingga beberapa program lain yang menjanjikan penghasilan ribuan dollar hanya dengan leyeh-leyeh dan ongkang-ongkang kaki. Kenapa? Karena mindset yang masih terbentuk di masyarakat Indonesia secara umum adalah mencari uang di internet adalah mudah.

Mudah? Ya. Jika anda sekelas Cosa atau Dwi Hermanto maka mendulang earning dari internet adalah sangat mudah. Tapi itu sekarang. Pada awalnya dulu, mereka juga beginner, novice, rookie, monkey atau apalah istilahnya yang lain yang berarti pemula. Pemula bukan profesional. Pemula masih meraba. Pemula masih harus jatuh. Pemula harus sering kecewa. Pemula harus banting tulang, nahan kantuk mata yang pedes manteng monitor tua yang konon bisa bikin mata sehat jadi minus.

Banyak masyarakat Indonesia yang tidak tahu dan mengerti tentang bisnis online. Siapa sih Google, kok mau bagi-bagi duit? Kemudian karena ada embel-embel "jalan pintas", "cepat kaya", "pensiun dini", dan segala macam bumbu kata lainnya, berbondong-bondonglah para rakyat yang tidak tahu dan sangat minim informasi itu untuk ikut masuk dan bermain di dunia internet. Sayangnya mereka bermain tanpa aturan dan menerabas segala cara yang termasuk ilegal: arisan klik, menyembunyikan warna iklan dengan warna background, berpindah-pindah warnet dan ngeklik-klik sendiri iklannya, dan seribu satu cara lainnya yang pasti dimiliki makhluk Indonesia yang memang banyak akalnya.

Padahal setahu saya sampai saat ini, satu-satunya jalan pintas untuk kaya adalah dengan memelihara tuyul atau jadi babi ngepet. Dan tampaknya saya belum tertarik dengan cara tersebut. :-P

Anonymous said...

saya sudah beli buku tersebut, cocok untuk saya yang pemula,..


meski masih banyak hal yg menurut para expert blum lengkap.

tetap, buku itulah yg mengenalkan saya dengan blog.

Unknown said...

Sebenarnya ini fenomena pemasaran biasa: memanfaatkan sifat dasar manusia yang ingin mendapatkan sesuatu dengan mudah, tidak perlu merasakan sakit, hasil maksimal. Tidak cuma soal Google Adsense. Tapi nanti pasar juga yang akan menyeleksi apakah buku seperti yang ditulis Mas Bambang ini lolos seleksi alam atau tidak. Yang sebenarnya juga penting direnungkan adalah sejauh mana kita - setidaknya yang tahu berlikunya jalan menuju sukses di dunia bisnis online - menyampaikan dengan benar realitas dunia itu. Menerbitkan buku dan mengadakan seminar yang "benar" mungkin harus dimulai. Just my two cents. Nice blog Mas. :)

Anonymous said...

"Tapi nanti pasar juga yang akan menyeleksi apakah buku seperti yang ditulis Mas Bambang ini lolos seleksi alam atau tidak. "

Setuju dengan quote ini, masyarakat alias konsumen sendirilah yang akan menentukan apakah mereka layak untuk membeli buku tersebut. Sebuah benda atau buku pasti memiliki nilai guna. Pemula yang belum tahu menahu soal dunia bisnis internet, paling tidak merasakan manfaatnya ketika membaca buku ini, sebagai awalan. "Oooh, ternyata kayak gini toh cara bikin blog yang bisa bikin duit." Soal mudah atau sulit nanti dulu...

Saya hanya menyayangkan kata "jalan pintas"...

Anonymous said...

Betul... semua perlu kerja keras!!! saya lagi begadang nich buat optimasi blog adsense ku... doakan nembus 3000 page view... kemarin dah nyentuh 2500...

Anonymous said...

Yang saya tahu si yang jelas main adsense gak mudah, hampir 2 tahun saya belajar, dan penghasilan belum juga bisa dibilang bagus. kadang 1$ kadang 2$ kadang2 0 :(

Anonymous said...

hhiixx.
apa emang btol google adsense bisa buat orang kaya..
punya aku kok gak nambah"..
lagian..
klo pun sering di buka orang blognya, malas mengklik gambarnya,,

hhoo..

Design by Dzelque Blogger Templates 2007-2008