Cara Membuat Artikel Berbahasa Inggris yang Orisinil dan Bermutu dengan Mudah
Berbicara tentang blog, maka tak lepas dari apa yang namanya artikel. Dan artikel pasti berupa barisan huruf-huruf yang membentuk sebuah tulisan dengan tema dan topik tertentu. Masalah yang sering dihadapi oleh bloggers kebanyakan berkisar seputar membuat artikel yang orisinil. Hal ini terutama dialami oleh bloggers yang baru saja memulai untuk membuka lahan mata pencahariannya di dunia internet.
Ketika memulai sebuah karir online earning, umumnya bloggers pemula disarankan untuk mencoba kesaktian dan keampuhan program pay-per-click AdSense milik Larry Page dan Sergey Brin. DuoMaia programmer tersebut telah menjadi selebritis terkenal tingkat dunia semenjak memerkenalkan Google AdSense sebagai program iklan online yang dapat diakses oleh web publisher seluruh dunia.
Blogger pemula dapat memulai menangguk bayaran dari Google dengan membuat sebuah blog dengan tema tertentu yang spesifik. Pilihan awal media untuk membuat blog komersil dapat dijatuhkan pada Blogger yang juga merupakan anak perusahaan Google, Inc. Sebuah kode javascript dari Google harus diletakkan dalam template blog oleh webmaster/blogger, sehingga pada saat halaman blog tersebut ditampilkan, isi iklan AdSense secara otomatis akan menyesuaikan dengan isi situs/blog yang bersangkutan.
Jika ada seorang pengunjung yang menampilkan halaman tersebut dan secara sadar/tidak sadar meng-klik salah satu unit AdSense yang tampil, maka sang pemilik blog akan mendapatkan sejumlah nominal dalam kurs dollar yang diakumulasikan dalam akun AdSense blogger yang bersangkutan. Jika sebuah link iklan yang di-klik tersebut berharga $0.7, maka dalam 1000 klik sang blogger akan mendapatkan $700.
Menggiurkan memang. Namun menanti lamanya 1000 klik pada unit iklan AdSense untuk seorang blogger pemula dengan blog yang baru dalam hitungan hari nampaknya jauh panggang dari api. Sebelum sang blogger mendapatkan klik, maka ia harus mendatangkan orang-orang yang melakukan klik tersebut: visitor/pengunjung. Percuma bila blog bagus dan indah namun tak ada pengunjung. No visitors, no clicks. Kecuali jika sang blogger benar-benar iseng dan mencoba untuk meng-klik sendiri iklan yang ada dalam halaman blognya.
Nah, mendatangkan visitor memang susah-susah gampang. Tentu ada cerita dari kawan bahwa ia telah memiliki 1000 unique visitor per hari pada blognya yang baru saja dibuatnya 3 minggu yang lalu. Mungkin jika saya sedikit skeptis, maka saya akan berasumsi bahwa sang blogger tersebut hanya seorang yang beruntung. Namun jika ditelusuri sebenar-benarnya blog yang dia miliki, maka saya pun takkan heran dan bingung jikalau dia mampu memeroleh begitu banyak pengunjung dalam waktu relatif singkat. Jawabannya ada pada unique content.
Sebuah blog dengan artikel orisinil dan memiliki informasi yang dicari oleh orang banyak akan mampu mendatangkan trafik yang tidak kecil dlam waktu singkat. Ingat, internet adalah dunia yang tidak pernah tidur sekaligus dunia dengan akses informasi tanpa yang hampir batas kecepatan. Sebuah berita yang diterbitkan dalam hitungan detik dapat langsung dibaca oleh ribuan orang dalam waktu bersamaan. Sangat mengagumkan.
Di sinilah letak kekuatan artikel orisinil atau unique content. Sebuah post yang diambil dari teknik kopas kebanyakan tidak memberikan kontribusi yang terbaik bagi sebuah blog. Jika sebuah blog memiliki banyak unique content, maka kemampuannya untuk mendatangkan lebih banyak pengunjung memiliki kans yang lebih besar. Sebab secara tidak langsung unique content menunjukkan kredibilitas sang pemilik blog yang otomatis memungkinkan pengunjung untuk kembali datang dan mengecek apakah ada artikel terbaru yang diterbitkan. Secara sederhana, pengunjung mendapatkan nilai lebih ketika mereka memilih untuk membuka blog tersebut daripada ribuan dan jutan situs lain yang ada di internet. They worthed it.
Membuat artikel orisinil bukannya barang yang gampang. Memotivasi diri sendiri untuk terus menghasilkan tulisan yang orisinil dan bermutu membutuhkan kesabaran dan ketelatenan yang kuat. Soal ide memang mudah untuk dicari, tetapi memotivasi diri untuk mengubahnya menjadi sebuah ide untuk artikel nampaknya butuh perjuangan.
Yang saya bicarakan barusan adalah membuat artikel orisinil dalam bahasa Indonesia. Malangnya, AdSense sampai saat ini belum mendukung AdSense for Content dalam bahasa Indonesia. Sehingga mau tidak mau, blogger harus menulis dalam bahasa Inggris, jika ingin situs blognya mampu ditempeli oleh iklan AdSense. Paling tidak menghindari kemungkinan untuk di-banned [dipecat!] dari program Google AdSense. Entah benar atau tidak, saya masih meragukan hal tersebut mengingat saya sering menemukan iklan AdSense berbahasa Indonesia [seperti NicSpace, dsb]
Lalu bagaimanakah caranya untuk membuat sebuah content orisinil lagi bermutu dan dalam bahasa Inggris pula?
Sangat gampang. Jadilah seorang seleb blog. Apa itu? Menurut kamus daniy! seleb blog adalah
Seperti seorang selebritis, kekuatan seleb blog berada pada popularitasnya. Secara psikologis, popularitas mampu menggerakkan massa blogger yang lebih banyak untuk melakukan demonstrasi melakukan apa yang dikatakan dan dianjurkan oleh sang seleb blog. Populer gitu, loh!
Secara sederhana saya dapat memberikan contoh dari apa yang dilakukan Darren Rowse selaku seleb blog Australia dalam memperkayadiri sendiri content blognya dengan membuka lowongan guest post. Sesuai dengan namanya, guest post adalah penulisan sebuah artikel oleh seseorang yang ditujukan untuk diterbitkan pada blog orang lain. Biasanya blog yang dituju memiliki popularitas yang besar di mata khalayak.
Yang terjadi dalam fenomena guest posting adalah adanya simbiosis mutualisme antara guest blogger dengan host blogger. Guest blogger memiliki kesempatan untuk tampil dalam blog terkenal yang otomatis dapat mendongkrak popularitasnya juga secara langsung dan tidak langsung. Seperti menulis untuk dimuat dalam media majalah Tempo, akan membantu nama anda untuk lebih cepat dikenal oleh pembaca dan juga media-media lainnya. Secara SEO, jika guest blogger menyisipkan link ke blog pribadinya di antara artikel yang ditulisnya, maka ia akan mendapatkan keuntungan inbound link yang nilainya lebih tinggi ketimbang reciprocal link.
Di lain sisi host blogger akan mendapatkan lebih banyak artikel yang variatif untuk diterbitkan ke dalam blognya, karena artikel-artikel tersebut ditulis oleh orang-orang berbeda yang tentu menghasilkan bahasan dengan sudut pandang yang berbeda pula. Secara kualitas, host blogger juga tidak akan dikecewakan oleh tulisan-tulisan yang dikirimkan oleh guest blogger. Asumsinya, guest blogger akan berlomba-lomba untuk menghasilkan tulisan terbaik yang nantinya dapat dipilih untuk diterbitkan di blog sang seleb.
Darren sendiri mengatakan bahwa mekanisme tersebut menggunakan mekanisme guest posting yang dimiliki oleh WordPress. Bagi blogger yang ingin berpartisipasi, dapat terlebih dahulu membuat akun WordPress, kemudian dalam waktu 24 jam mengirimkan login account nya ke darren[at]problogger[dot]net. Darren kemudian akan memberikan petunjuk kepada blogger yang telah mendaftar untuk memasukkan artikel ke dalam blog. Secara otomatis, artikel yang dimasukkan oleh blogger peserta akan diterapkan pada kategori draft dan menunggu persetujuan dari Darren sendiri selaku pemilik blog.
Nah, sekarang bayangkan diri anda sendiri jikalau anda adalah seorang Darren Rowse. Dalam hitungan jam, anda akan menerima begitu banyak unique content yang dikirimkan langsung kepada anda. Semuanya pasti berkualitas serta siap untuk diterbitkan, dan yang pasti berBAHASA INGGRIS. Itu ‘kan yang anda cari?
Makanya, ayo jadi seleb blog!
Ketika memulai sebuah karir online earning, umumnya bloggers pemula disarankan untuk mencoba kesaktian dan keampuhan program pay-per-click AdSense milik Larry Page dan Sergey Brin. Duo
Blogger pemula dapat memulai menangguk bayaran dari Google dengan membuat sebuah blog dengan tema tertentu yang spesifik. Pilihan awal media untuk membuat blog komersil dapat dijatuhkan pada Blogger yang juga merupakan anak perusahaan Google, Inc. Sebuah kode javascript dari Google harus diletakkan dalam template blog oleh webmaster/blogger, sehingga pada saat halaman blog tersebut ditampilkan, isi iklan AdSense secara otomatis akan menyesuaikan dengan isi situs/blog yang bersangkutan.
Jika ada seorang pengunjung yang menampilkan halaman tersebut dan secara sadar/tidak sadar meng-klik salah satu unit AdSense yang tampil, maka sang pemilik blog akan mendapatkan sejumlah nominal dalam kurs dollar yang diakumulasikan dalam akun AdSense blogger yang bersangkutan. Jika sebuah link iklan yang di-klik tersebut berharga $0.7, maka dalam 1000 klik sang blogger akan mendapatkan $700.
Menggiurkan memang. Namun menanti lamanya 1000 klik pada unit iklan AdSense untuk seorang blogger pemula dengan blog yang baru dalam hitungan hari nampaknya jauh panggang dari api. Sebelum sang blogger mendapatkan klik, maka ia harus mendatangkan orang-orang yang melakukan klik tersebut: visitor/pengunjung. Percuma bila blog bagus dan indah namun tak ada pengunjung. No visitors, no clicks. Kecuali jika sang blogger benar-benar iseng dan mencoba untuk meng-klik sendiri iklan yang ada dalam halaman blognya.
Nah, mendatangkan visitor memang susah-susah gampang. Tentu ada cerita dari kawan bahwa ia telah memiliki 1000 unique visitor per hari pada blognya yang baru saja dibuatnya 3 minggu yang lalu. Mungkin jika saya sedikit skeptis, maka saya akan berasumsi bahwa sang blogger tersebut hanya seorang yang beruntung. Namun jika ditelusuri sebenar-benarnya blog yang dia miliki, maka saya pun takkan heran dan bingung jikalau dia mampu memeroleh begitu banyak pengunjung dalam waktu relatif singkat. Jawabannya ada pada unique content.
Sebuah blog dengan artikel orisinil dan memiliki informasi yang dicari oleh orang banyak akan mampu mendatangkan trafik yang tidak kecil dlam waktu singkat. Ingat, internet adalah dunia yang tidak pernah tidur sekaligus dunia dengan akses informasi tanpa yang hampir batas kecepatan. Sebuah berita yang diterbitkan dalam hitungan detik dapat langsung dibaca oleh ribuan orang dalam waktu bersamaan. Sangat mengagumkan.
Di sinilah letak kekuatan artikel orisinil atau unique content. Sebuah post yang diambil dari teknik kopas kebanyakan tidak memberikan kontribusi yang terbaik bagi sebuah blog. Jika sebuah blog memiliki banyak unique content, maka kemampuannya untuk mendatangkan lebih banyak pengunjung memiliki kans yang lebih besar. Sebab secara tidak langsung unique content menunjukkan kredibilitas sang pemilik blog yang otomatis memungkinkan pengunjung untuk kembali datang dan mengecek apakah ada artikel terbaru yang diterbitkan. Secara sederhana, pengunjung mendapatkan nilai lebih ketika mereka memilih untuk membuka blog tersebut daripada ribuan dan jutan situs lain yang ada di internet. They worthed it.
Membuat artikel orisinil bukannya barang yang gampang. Memotivasi diri sendiri untuk terus menghasilkan tulisan yang orisinil dan bermutu membutuhkan kesabaran dan ketelatenan yang kuat. Soal ide memang mudah untuk dicari, tetapi memotivasi diri untuk mengubahnya menjadi sebuah ide untuk artikel nampaknya butuh perjuangan.
Yang saya bicarakan barusan adalah membuat artikel orisinil dalam bahasa Indonesia. Malangnya, AdSense sampai saat ini belum mendukung AdSense for Content dalam bahasa Indonesia. Sehingga mau tidak mau, blogger harus menulis dalam bahasa Inggris, jika ingin situs blognya mampu ditempeli oleh iklan AdSense. Paling tidak menghindari kemungkinan untuk di-banned [dipecat!] dari program Google AdSense. Entah benar atau tidak, saya masih meragukan hal tersebut mengingat saya sering menemukan iklan AdSense berbahasa Indonesia [seperti NicSpace, dsb]
Lalu bagaimanakah caranya untuk membuat sebuah content orisinil lagi bermutu dan dalam bahasa Inggris pula?
Sangat gampang. Jadilah seorang seleb blog. Apa itu? Menurut kamus daniy! seleb blog adalah
- Blogger yang namanya sering muncul dan disebut-sebut di banyak tempat dan forum,
- Memiliki banyak kata PERTAMAXXX pada bagian komentar posting,
- Memiliki RSS feed subscriber lebih dari 100 orang, dan
- Jumlah komentar yang melebihi angka 20 pada setiap artikelnya [terkadang mencapai 100].
Seperti seorang selebritis, kekuatan seleb blog berada pada popularitasnya. Secara psikologis, popularitas mampu menggerakkan massa blogger yang lebih banyak untuk melakukan demonstrasi melakukan apa yang dikatakan dan dianjurkan oleh sang seleb blog. Populer gitu, loh!
Secara sederhana saya dapat memberikan contoh dari apa yang dilakukan Darren Rowse selaku seleb blog Australia dalam memperkaya
Yang terjadi dalam fenomena guest posting adalah adanya simbiosis mutualisme antara guest blogger dengan host blogger. Guest blogger memiliki kesempatan untuk tampil dalam blog terkenal yang otomatis dapat mendongkrak popularitasnya juga secara langsung dan tidak langsung. Seperti menulis untuk dimuat dalam media majalah Tempo, akan membantu nama anda untuk lebih cepat dikenal oleh pembaca dan juga media-media lainnya. Secara SEO, jika guest blogger menyisipkan link ke blog pribadinya di antara artikel yang ditulisnya, maka ia akan mendapatkan keuntungan inbound link yang nilainya lebih tinggi ketimbang reciprocal link.
Di lain sisi host blogger akan mendapatkan lebih banyak artikel yang variatif untuk diterbitkan ke dalam blognya, karena artikel-artikel tersebut ditulis oleh orang-orang berbeda yang tentu menghasilkan bahasan dengan sudut pandang yang berbeda pula. Secara kualitas, host blogger juga tidak akan dikecewakan oleh tulisan-tulisan yang dikirimkan oleh guest blogger. Asumsinya, guest blogger akan berlomba-lomba untuk menghasilkan tulisan terbaik yang nantinya dapat dipilih untuk diterbitkan di blog sang seleb.
Darren sendiri mengatakan bahwa mekanisme tersebut menggunakan mekanisme guest posting yang dimiliki oleh WordPress. Bagi blogger yang ingin berpartisipasi, dapat terlebih dahulu membuat akun WordPress, kemudian dalam waktu 24 jam mengirimkan login account nya ke darren[at]problogger[dot]net. Darren kemudian akan memberikan petunjuk kepada blogger yang telah mendaftar untuk memasukkan artikel ke dalam blog. Secara otomatis, artikel yang dimasukkan oleh blogger peserta akan diterapkan pada kategori draft dan menunggu persetujuan dari Darren sendiri selaku pemilik blog.
Nah, sekarang bayangkan diri anda sendiri jikalau anda adalah seorang Darren Rowse. Dalam hitungan jam, anda akan menerima begitu banyak unique content yang dikirimkan langsung kepada anda. Semuanya pasti berkualitas serta siap untuk diterbitkan, dan yang pasti berBAHASA INGGRIS. Itu ‘kan yang anda cari?
Makanya, ayo jadi seleb blog!
0 komentar:
Post a Comment